Selasa, 24 November 2009

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

DASAR-DASAR SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Kegiatan Belajar 1
Definisi dan Pokok-pokok Sistem Manajemen

Sistem Informasi Manajemen (SIM), adalah sistem pengolahan data untuk menjadi informasi dengan menggunakan manusia dan komputer. Informasi itu sangat dibutuhkan untuk fungsi manajemen, artinya sebagai bahan pijakan para pengambil keputusan (sesuai dengan tahapan managerialnya), dalam mengambil keputusannya. Penggunaan komputer dalam SIM karena komputer dalam beberapa hal memiliki kemampuan yang melebihi kemampuan manusia, misalnya: dapat menyimpan sejumlah data yang banyak, pengolahan data yang cepat dan akurat, dan dapat memunculkan informasi kapan saja.
Keadaan data sebagai bahan informasi jumlahnya sangat banyak dan bervariasi, hal ini sesuai dengan keadaan data dari berbagai bagian organisasi yang mendukung organisasi tersebut.

Data yang bervariasi dan banyak itu agar terpadu dalam pengolahannya ditampung secara sistematis dalam data base. Untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas dari Sistem Informasi Manajemen, prosedur kerjanya dilaksanakan dengan on-line, yaitu beberapa komputer dan bagian-bagian organisasi dan subbagian organisasi dikembang-kan dengan "pusat komputer" sebagai terminal; manfaatnya agar setiap yang membutuh-kan dapat dengan cepat memperoleh informasi.

Berbagai jenis informasi akan dibutuhkan oleh setiap tingkatan managerial sesuai dengan keperluannya. Tingkatan-tingkatan managerial itu ialah: top management, midle management, low management, dan operation personal.

Salah satu bagian untuk memahami SIM adalah adanya pokok-pokok SIM, yaitu elemen-elemen yang terlibat dalam sistem informasi manajemen. Pada garis besarnya elemen-elemen yang terlibat dalam SIM terdiri dari 3 bagian, yaitu:
a. perangkat keras (hard ware),
b. perangkat lunak (software) yang terbagi dalam: data base, sistem umum, dan prosedur, dan
c. faktor manusia yang dimaksud dalam bagian ini adalah petugas pengoperasian komputer, yang menjamin benar dan lancarnya informasi.

Sistem umum terdiri dari subsistem kegiatan dan subsistem fungsi organisasi. Subsistem kegiatan yaitu: perencanaan strategis, pengendalian manajemen, pengendalian operasional, dan pengolahan transaksi.

Sedangkan subsistem fungsi organisasi adalah yang bersangkutan dengan bagian-bagian dari organisasi bisnis, seperti: pemasaran, produksi, logistik, personalia dan sebagainya. Yang terdiri dari komputer dengan berbagai fungsi dan modelnya

Kegiatan Belajar 2
Evaluasi Perkembangan Konsep dan Profesional SIM

Dalam "kegiatan belajar 2" yang bertemakan Evolusi Perkembangaan Konsep SIM, maksudnya adalah secara pelan (tidak serentak) tetapi pasti sistem informasi manajemen mengalami perkembangan.
Perkembangan tersebut terjadi pada prosedurnya, dan pengolahan komputer; sehingga hal ini dapat meningkatkan kemampuan organisasi.

Perkembangan prosedural yaitu semakin meningkatnya penggunaan konsep-konsep manajemen dalam SIM; seperi: teori manajemen, ilmu manajemen, dan perakunan manajerial. Tentu saja penggunaan istilah-istilah tersebut lebih cenderung khas penggunaannya dalam SIM.

Penggunaan teori manajemen dalam SIM bertujuan untuk peningkatan perilaku manusia, baik yang terlibat dalam proses (sistem manusia dan mesin) maupun yang terlibat dalam pengambilan keputusan; sehingga kualitas organisasi meningkat.

Ilmu manajemen cenderung memakai kriteria ekonomis dan teknis dari pada kriteria perilaku; misalnya: sistematis dalam pemecahan masalah, pemakaian prosedur matematis dan statistis dalam analisis keputusannya.

Perakunan manajerial digunakan dalam perhitungan keuangan secara keseluruhan; disamping perhitungan biaya dan penganggaran, Pengolahan komputer berkembang sejajar dengan berkembangnya teknologi komputer, baik dalam perangkat kerasnya maupun perangkat lunaknya, sehingga benar-benar mendukung ketepatan dan kecepatan informasi yang dibutuhkan.

Pada sistem informasi manajemen, seperti pada bidang-bidang pekerjaan lainnya, terjadi usaha peningkatan profesional, yaitu usaha peningkatan mutu sumber daya manusia. Usaha tersebut dilaksanakan melalui program akademis formal.

Pada prinsipnya program akademis formal dibagi dalam dua bagian, sesuai dengan kebutuhan sistem informasi itu sendiri, yaitu bidang analisis sistem keorganisasian dan bidang perancang sistem.

Analisis sistem keorganisasian adalah berhubungan dengan struktur organisasi dan perilaku manusia yang terlibat dalam SIM.

Perancang sistem berhubungan dengan sistem teknologi komputer, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya, serta prosedur pelaksanaanya sehingga benar-benar dapat menunjang lancarnya SIM. Tentu saja kedua bidang pendidikan itu dilaksanakan dengan materi kurikulum yang berbeda, karena memang tujuannya berbeda.

Disamping maju pesatnya proses SIM, terdapat pula hambatan-hambatan yang mengganggu, yaitu masih terdapatnya beberapa kontroversi.

Beberapa hal yang sifatnya kontroversial itu adalah: sistem total dengan gabungan subsistem, sumber sistem informasi terpusat dengan pengolahan terpencar, sebuah terminal di setiap kantor eksekutif dengan terminal-terminal yang dioperasikan oleh staf; kesiapan fungsi manajerial untuk menerima teknologi sistem informasi.

Selain itu sistem total dianggap terlalu sulit untuk dilaksanakan, maka masih banyak yang menggunakan gabungan subsistem-subsistem.

SECURITY AND CONTROL

Seperangkat alat dan teknologi dapat membantu perusahaan untuk melindungi dan memonitor gangguan-gangguan. Alat-alat tersebut diantaranya alat untuk pengambilan keputusan, firewalls, sistem pendeteksi gangguan, antivirus untuk software dan enkripsi.

Akses Kendali

Akses kendali terdiri dari semua kebijakan dan pemeriksaan atas prosedur suatu perusahaan untuk mencegah akses yang tidak pantas atas suatu sistem oleh orang luar atau orang dalam secara tidak sah. Untuk memperoleh akses seorang pemakai harus diberi hak dan dibuktikan keasliannya.

Smart card ini merupakan suatu kartu identitas yang dirancang sebagai bukti identitas satu-satunya pemakai kartu tersebut.

Biometric authentication merupakan sebuah terobosan teknologi baru sebagai pengganti kata sandi. Hal ini didasarkan pada pengukuran suatu ciri yang unik pada seorang pengguna, seperti sidik jari, pengenalan ciri-ciri wajah, retina pada mata.

Firewall, Intrusion Detection Systems, and Antivirus Software

Firewall merupakan perpaduan antara perangkat keras dengan perangkat lunak yang mengatur aliran informasi yang masuk ke dalam maupun ke luar perusahaan. Kegunaan firewall lainnya adalah untuk mencegah pengguna yang tidak sah untuk masuk ke dalam jaringan komputer suatu perusahaan.

Enkripsi Dan Infrastruktur Kunci Publik

Enkripsi merupakan proses mengkode dan mengacak pesan untuk mencegah akses ilegal maupun mencegah data yang dikirim diketahui.Terdapat beberapa metode alternatif dalam enkirpsi, tetapi enkripsi kunci publik adalah yang populer digunakan. Enkripsi kunci publik menggunakan dua kunci yang berbeda, yaitu sebuah kunci privat dan sebuah kunci publik. Kunci-kunci tersebut berhubungan secara matematis sehingga data yang dienkripsi oleh satu kunci dapat didekripsi oleh kunci lainnya. Kunci publik tersimpan dalam direktori dan kunci publik harus dijaga kerahasiannya. Pengirim pesan mengenkripsi sebuah pesan dengan kunci publik. Saat menerima pesan, penerima pesan menggunakan kunci privat umtuk mendekripsi pesan tersebut.

Tanda tangan digital dan sertifikat digital membantu memastikan keaslian data. Tanda tangan digital merupakan suatu kode digital yang menyertai pesan yang dikirim secara elektronik yang digunakan untuk memverifikasi keaslian dan isi pesan

Sertifikat digital merupakan file data yang digunakan untuk membuat identitas pengguna dan aset-aset elektronik untuk perlindungan dalam transaksi online. Sebuah sistem sertifikat digital meggunakan pihak ketiga yang terpercaya yang dikenal dengan nama Certificate Authority (CA) untuk memvalidasi identitas pengguna.

Public Key Infrasturcture (PKI), penggunaaan kriptografi kunci publik dengan menggunakan otoritas tertentu, menjadi teknologi utama dalam menyediakan autentifikasi yang aman terhadap indentitas secara online.

Dua metode utama untuk mengenkripsi lalu lintas jaringan di Web adalah SSL dan S-HTTP. Secure Sockets Layer (SS), dan penerusnya Transport Layer Security (TLS) merupakan protokol yang digunakan informasi rahasia yang ditransfer melalui internet. Mereka memungkinkan komputer klien dan komputer server untuk mengatur aktivitas enkripsi dan dekripsi saat saling berkomunikasi selama sesi Web yang aman. Secure Hypertext Transfer Protocol (S-HTTP) merupakan protokol lain yang digunakan untuk mengenkripsi data yang mengalir di internet, tetapi terbatas pada dokumen Web, di mana SSL dan TLS mampu mengenkripsi semua data yang ditransfer antara komputer klien dan server.

Memastikan Reliabilitas Software

Kualitas software dapat ditingkatkan dengan membelanjakan banyak sumber daya sepanjang tahap awal desain software bilamana memungkinkan untuk mengoreksi kesalahan-kesalahan sebelum software tersebut benar-benar terprogram. Lewat pengujian lebih lanjut mengurangi kesalahan-kesalahan software, meskipun itu bisa saja tidak memungkinkan untuk menghilangkannya secara penuh. Sebelum software ditulis, pengujian yang digunakan secara normal adalah sebuah walkthrough (jalan lintas) – suatu tinjuan ulang mengenai spesifikasi dan dokumen desain dari suatu kelompok kecil yang memilih orang-orang secara cermat. Setelah pemograman dimulai, kode harus diuji oleh komputer. Ketika kesalahan-kesalahan ditemukan, sumber itu ditemukan dan dieliminasi lewat suatu program yang disebut debugging.

Menguji aplikasi wireless (tanpa kabel) merupakan tantangan-tantangan tambahan. Banyak aplikasi wireless dan Web dihubungkan dengan sistem back-end yang sama sehingga muatan total pada sistem tersebut meningkat secara dramatis seperti pengguna wireless yang bertambah. Alat-alat bermuatan uji otomatis yang mensimulasikan ribuan jaringan wireless dan sesi browser Web konvensional secara terus-menerus dapat membantu perusahaan mengukur dampak pada kinerja/performa sistem.

Sistem Pendeteksian Gangguan

Sebagai tambahan terhadap firewall, penjual keamanan komersil sekarang menyediakan perkakas pendeteksian gangguan dan melayani untuk melindungi dari lalu lintas jaringan mencurigakan dan mencoba untuk mengakses file dan database-database. Sistem Pendeteksian Gangguan menonjolkan peralatan pemeriksa setiap saat ditempatkan tidak lebih dari tempat hiburan atau poin-poin jaringan perusahaan yang peka untuk mendeteksi dan menghalangi pengganggu berkelanjutan.

Antivirus Software

Antivirus Software dirancang untuk memeriksa sistem komputer dan pengarah untuk kehadiran virus komputer. Bagaimanapun, kebanyakan antivirus adalah efektif hanya melawan terhadap virus yang telah dikenal ketika software telah menuliskannya. Untuk tetap efektif, antivirus software secara terus menerus diperbaharui.

Pengamanan Jaringan Wireless

Di samping kekurangannya, Wired Equivalent Privacy (WEP) menyediakan beberapa batasan keamanan jika para pemakai Wi-Fi mengaktifkannya. Korporasi dapat lebih lanjut meningkatkan WEP dengan penggunaannya bersamaan dengan Virtual Private Network (VPN) ketika suatu jaringan wireless mempunyai akses ke data perusahaan internal.

Penjual peralatan Wi-Fi sudah mengembangkan standar keamanan yang baru dan lebih kuat. Industri Persekutuan Wi-Fi berdagang mengeluarkan suatu spesifikasi Wi-Fi Protected Access (WPA) yang akan bekerja dengan produk LAN wireless masa depan dan itu dapat membaharui peralatan yang menggunakan 802.11b. Untuk memperkuat pengesahan pemakai, WPA menyediakan suatu mekanisme berdasar pada Extensible Authentication Protocol ( EAP) untuk bekerja dengan suatu server pengesahan pusat untuk membuktikan keaslian pemakai masing-masing pada jaringan sebelum pemakai dapat bergabung dengannya.

MANAJEMEN, PELUANG, TANTANGAN, DAN SOLUSI

Keamanan sistem informasi memerlukan sumber organisasi dan manajemen seperti halnya bermacam teknologi. Menyusun kerangka yang baik untuk keamanan dan kontrol meminta keahlian dalam mengimbangi risiko, reward, dan kapabilitas operasional perusahaan.

Peluang

Perusahaan-perusahaan saat ini memiliki peluang untuk menciptakan Web site yang reliabel dan strategi-strategi yang dapat mendukung e-commerce dan e-business. Lebih mendalam, pendapatan, liabilitas, reputasi, kesan merek – dan bahkan kemampuan perusahaan untuk bertahan – akan mengalami penderitaan jika suatu perusashaan didapati tidak aman dan tidak reliabel.

Tantangan-Tantangan Manajemen

Ada banyak teknologi alternatif untuk membantu perusahaan mencapai keamanan dan kontrol, tapi disiplin organisasi diminta untuk menggunakan teknologi-teknologi tersebut secara efektif.

Mendesain sistem baik di luar kontrol maupun di bawah kontrol

Kontrol yang efektif tapi tidak mengecilkan otoritas individu dari menggunakan suatu sistem masih sulit untuk dirancang.

Menerapkan Kebijakan Keamanan Yang Efektif

Di samping peningkatan kesadaran tentang berbagai jenis virus, penghindaran dari serangan virus, dan kejahatan komputer, banyak perusahaan yang tidak memberi perhatian yang cukup terhadap keamanan informasi. Program kendali dan keamanan sering diperlakukan sebagai suatu pemikiran akan masa depan dibanding dengan perancangan proses bisnis dan sistem.

Petunjuk Solusi

Satu hal yang harus jelas: keamanan dan kendali harus menjadi suatu prioritas yang lebih tegas dan investasi akan sistem informasi lebih ditekankan secara keseluruhan pada proses perencanaan organisasi. Mengkoordinasi dan merencanakan keamanan perusahaan secara keseluruhan dalam perencanaan bisnis menunjukkan bahwa keamanan itu sama pentingnya bagi kesuksesan dari bisnis seperti semua fungsi bisnis yang lain. Dukungan dan komitmen dari manajemen puncak diperlukan untuk menunjukkan bahwa keamanan adalah prioritas dari perusahaan dan penting bagi semua aspek dari bisnis tersebut.

Keamanan dan kendali tidak pernah menjadi prioritas utama, kecuali jika ada kesadaran akan pentingnya keamanan dari perusahaan.

Sistem Informasi; Standar 11 (PTIK dan I-MHERE)

1. Bukti tertulis tentang adanya blue print yang jelas tentang pengembangan, pengelolaan dan pemanfaatan sistem informasi termasuk sistem yang mengatur aliran data, otorisasi akses data, dan sistem disaster recovery.

Ada bukti Perguruan tinggi memiliki

a. sarana dan prasarana yang mencukupi,

b. ada unit pengelola di tingkat institusi,

c. sistem aliran data dan otorisasi akses data,

d. sistem disaster recovery ,

e. blue print pengembangan, pengelolaan dan pemanfaatan sistem informasi yang terintegrasi.

Blue print tentang pengembangan, pengelolaan dan pemanfaatan sistem informasi termasuk sistem yang mengatur aliran data, otorisasi akses data, dan sistem disaster recovery, saat ini sedang dibangun melalui PHK I-MHERE 2007. Blue print tersebut merupakan kompilasi dari pengembangan ICT yang dikembangkan lewat berbagai Program Hibah Kompetisi (PHK), misalnya TPSDP. Manajemen Information System (MIS) yang mendapat grand TPSDP pada tahun 2002 merupakan cikal bakal dari blue print pengembangan ICT di Unhas. Lewat grand tersebut telah tersedia fasilitas yang mendukung pengelolaaan dan pemanfaatan ICT.

Grand yang sama untuk mengembangakan ICT diikuti oleh beberapa program studi (PS) , di antaranya PS Kimia, PS Teknik Elektro, PS Teknik Civil, PS Teknologi Hasil Pertanian, dan PS Teknik Pertanian. Begitu pula dengan PS yang mendapat Due Like, Semi-Que, PHK A1, A2, dan SP4. Lewat PHK tersebut, semua PS memiliki program pengembangan ICT, minimal menyediakan fasilitas ICT. Laboratorium computer yang tersebar diberbagai PS, disatukan lewat program Inherent dan IMHERE B2a (lampiran dokumen proposal dan laporan hibah setiap PS yang telah mengajukan program pengembangan dan atau fasilitas ICT+Laporan Inherent dan Imhere).

Proses penyatuan tersebut merupakan usaha yang berkelanjutan dari system pengelolaan dan manajemen informasi sebelumnya yang diajukan oleh MIS melalui program pembetukan Pusat Informasi Universitas (PIU). Pembentukan PIU tersebut ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Rektor No ????. Pada tahun 2007, PIU direkstrukturisasi sekaligus diikuti dengan perubahan nama menjadi Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi sesuai dengan Surat Keputusan Rektor No ????.

Untuk melengkapi usaha pengembangan, pengelolaan dan pemanfaatan system informasi di Unhas, maka dalam program IMHERE B2a diajukan program ICT Policy Studies. Draft ICT Policy akan diajukan ke Senat untuk disahkan dan pengesahan tersebut direncanakan pada akhir tahun 2007. Dalam ICT Policy tersebut mencakup kebijakan pengembangan, pengelolaan dan pemanfaatan system informasi di Unhas. Di samping itu, kebijakan ICT tersebut juga sudah mencakup sistem pendukung pengambilan keputusan (decision support system) untuk membantu pimpinan dalam melakukan perencanaan dan analisa evaluasi diri yang lebih baik serta pengambilan keputusan yang berbasis data. Dengan demikian, keputusan yang diambil akan lebih obyektif.

Meskipun ICT Policy tersebut belum disahkan oleh senat Unhas, tetapi langkah-langkah operasional pengembangan Sisten Informasi dan Manajemen (SIM) Unhas sudah dan sedang dilakukan, misalnya pengembangan SIM telah dilakukan secara bertahap, mulai dari projek Due-like, TPSDP, PHK Inherent 2006, dan akan dikembangkan lagi lewat projek I-MHERE 2007-2008. Implementasi ICT Policy yang mencakup kebijakan pengembangan, pengelolaan dan pemanfaatan ICT juga didukung oleh kuatnya komitmen pimpinan universitas.

Dalam hubungan sistem otorisasi aliran dan akses data (Lampiran UserGuide Penggunaan ICT), Unhas telah menetapkan akses ke fasilitas ICT dari waktu ke waktu, termasuk penetapan level akses, pemberian akses secara khusus, hak dan kewajiban serta pemberian hukuman dan sangksi. Kebijakan ini diarahkan untuk memudahkan akses ke informasi yang dibutuhkan oleh sivitas akademika dan stakeholders. Informasi individu dalam database terjaga dan aman.

Adapun tingkatan level dalam mengakses data ke SIM Unhas, hak akses setiap pengguna berbeda-beda sesuai dengan level login. Level login yang tersedia adalah:

a. Administrator / Super-user

b. Administrator Pusat

c. Administrator Fakultas

d. Administrator Jurusan/Bagian

e. Dosen

f. Mahasiswa

g. Umum

Pengaturan hak dan modul-modul yang dapat diakses diatur oleh Administrator / Super-user.

Dokumen-dokumen tertulis lainnya, selain dokumen ICT Policy, yang sudah dimiliki saat ini masih lebih berfokus pada pemanfaatan berupa adalah manual SIM Unhas. Dokumen-dokumen tersebut dapat di download dari masing-masing komponen SIM Unhas (SIM Akademik, SIM Asset, SIM Keuangan, Learning Management System (LMS), dan Proxy Libray).

Narasi tentang disaster discovery?????

2. Bukti tertulis tentang adanya sistem pendukung pengambilan keputusan (decision support system) membantu pimpinan dalam melakukan perencanaan dan analisa evaluasi diri dengan lebih baik dan pengambilan keputusan yang lebih obyektif.

Ada sistem pendukung pengambilan keputusan yang meliputi:

a. Pangkalan data

b. Data yang terolah menjadi informasi

c. Sistem Analisis Pengambilan Keputusan yang mengolah informasi past experiences, mensimulasi dan mengevaluasi alternatif keputusan yang akan diambil

SIM Unhas yang menyediakan pangkalan data saat ini adalah SIM Akademik, SIM Asset, SIM Keuangan, Learning Management System (LSM), dan Proxy Library (lampiran userguide masing-masing SIM). SIM ini dapat diakses secara intranet (10.0.1.7). SIM akademik mencakup modul-modul yang terkait dengan akademik, misalnya modul dosen, mahasiswa, admin akademik, penjadualan, penilaian, absensi, pencetakan (KRS, KHS, dll). SIM Akademik ini juga terintegrasi dengan modul keuangan (pembayaran SPP) dan fasilitas (penggunaan ruangan).

Pada SIM Akademik saat ini telah dikembangkan sistem informasi akademik misalnya informasi untuk mendapatkan dan mengetahui jumlah mahasiswa yang mendapat nilai A dari level jurusan hingga univeristas. Informasi-informasi lainnya dalam SIM Akademik akan dikembangkan lewat program I-MHERE dengan mengacu kepada ICT Policy Unhas untuk mendukung Sistem Analisis Pengambilan Keputusan. Begitu pula dengan Sistem Informasi lainnya seperti SIM Asset dan Keuangan tidak hanya terbatas pada pangkalan data, tetapi juga sudah berfungsi menjadi system informasi. SIM ini akan terus dikembangkan dan dimaksimalkan menjadi system pengolahan informasi yang terintegrasi lewat projek I-MHERE (lampiran proposal I-MHERE).

Sebagai tambahan, dalam program I-MHERE pengolahan data menjadi informasi pada masing-masing SIM tersebut akan saling terintegrasi. Hal ini diputuskan untuk mendukung Sistem Analisis Pengambilan Keputusan yang didasarkan pada data yang sudah terolah.

3. Sistem informasi yang dimiliki berupa basis data dan informasi yang minimal mencakup keuangan perguruan tinggi, aset, sarana dan prasarana, administrasi akademik, profil mahasiswa dan lulusan, dosen dan tenaga pendukung.

Sistem informasi merupakan basis data dan informasi yang mencakup

a. administrasi akademik, profil mahasiswa dan lulusan,

b. sumber daya manusia

c. aset, sarana dan prasarana,

d. keuangan perguruan tinggi,

e. sistem pembelajaran

Sistem informasi yang telah dimiliki Unhas adalah SIM Akademik, SIM Asset, SIM Keuangan, Learning Management System (LMS), dan Proxy Libray. SIM Akademik, SIM Asset, SIM Keuangan terintegrasi satu dengan yang lainnya. Sedangkan Learning Management System (LMS), dan Proxy Libray masih independent.

SIM Akdemik yang dipakai Unhas saat ini merupakan hasil pengembangan dari Sistem Informasi (SI) akademik sebelumnya. SI akademik ini telah dikembangkan dalam 4 periode. Periode pertama, periode tahun 80-an dikembangkan oleh tim Unhas. Periode kedua, dikembangkan oleh tim DIKTI dengan nama Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) pada tahun 90-an. Periode ketiga, dikembangkan melalui PHK TPSDP-BATCH I pada tahun 2002 dengan nama Academic Information System (AIS). Periode keempat, yang sedang diujicoba pemakaiannya saat ini, diputuskan sebagai standar SI Akademik Unhas saat ini, dikembangkan melalui PHK INHERENT 2006 yang dikenal dengan Academic Information Management System (AIMS). Selanjutnya SI Akademik yang hanya berupa pangkalan data sedang dan akan dikembangkan menjadi informasi akademik melalui PHK I-MHERE Unhas 2007 dan 2008.

Pengembangan SI Akademik dari tahap ke tahap tersebut didasari oleh 2 pertimbangan utama. Pertama, perkembangan teknologi software yang tidak lagi cocok untuk mendukung SI sebelumnya. Kedua, adanya kebutuhan-kebutuhan informasi tambahan yang belum tercakup pada SI sebelumnya.

Pada dua periode pertama SI ini berfungsi dengan baik pada tingkat Unhas untuk mendukung kebutuhan database akademik. Namun demikian, database akademik yang dikelola dengan baik terbatas pada database yang berhubungan dengan data akademik mahasiswa. Sedangkan database yang berhubungan dengan profil mahasiswa dan lulusan, dosen dan tenaga pendukung belum terkelola dengan baik. Pada periode ketiga, seiring dengan adanya PHK pada tingkat PS, SI ini mulai dikembangkan sendiri-sendiri oleh unit-unit pemenang PHK, karena kebutuhan akan informasi yang disajikan pada tingkat universitas terbatas dan cenderung tidak tepat waktu.

Meskipun AIS yang dikembangkan pada PHK TPSDP Batch I 2000 telah berbasis online dan cukup komprehensip cakupan databasenya, namun belum didukung dengan kebijakan dan komitmen pimpinan universitas untuk memanfaatkan AIS ini secara maksimal, sehingga pengelolaan database dan informasi akademik sejak periode AIS ini masih tetap dilakukan dengan sistem sendiri yang berbasis DOS dan belum berbasis online. Akibatnya, pada periode ini database dan informasi akademik ada yang dikelola pada tingkat universitas dan ada juga yang dikelola sendiri pada unit-unit kerja. Database akademik pada periode ini cenderung tidak konsisten antara satu dengan yang lainnya. Pada periode keempat, AIMS sudah dijadikan sebagai standar database online unhas. AIMS ini sudah memfasilitasi database administrasi akademik, profil mahasiswa dan lulusan, dosen dan tenaga pendukung (Lampiran Userguide dan diharapkan kepada direktur PTIK agar pada saat visitasi, SIM ini OK).

Saat ini AIMS Unhas telah memfasilitasi pengelolaan database EPSBED. Universitas berkomitmen untuk menjadikan AIMS ini sebagai SIM Akademik standar Unhas. Untuk itu, pimpinan Unhas berkomitmen untuk mengembangkan SDM dan infrastruktur pendukung lainnya untuk memaksimalkan pemanfatan AIMS.

SIM Aset, Sarana dan Prasarana Unhas dibuat lewat program Inherent tahun 2006. SIM ini tidak hanya menjadi pangkalan data, tetapi siap mengolah data menjadi informasi. Modul yang tersedia pada SIM ini di antaranya adalah Tanya P Jibril Saat ini, penginputan data-data asset, sarana dan prasarana Unhas terus dilakukan untuk. Kegiatan ini berfungsi tidak hanya untuk menginput data yang menjadi pangkalan data asset, sarana dan prsarana, tetapi juga dimaksudkan untuk mengkaji realibilitas dan kemampuan SIM itu sendiri. (lampiran SK Rektor untuk penginputan data asset, sarana dan prasarana serta suer guide).

Begitu pula dengan SIM Keuangan. SIM telah tersedia lewat program Inherent. SIM ini pun tidak hanya menjadi pangkalan data keuangan saja, tetapi dapat digunakan untuk mengolah data menjadi informasi keuangan yang dibutuhkan. Di antara modul yang terdapat pada SIM keuangan adalah Tanya P Jibril, SIM keuangan ini belum dimaksilmalkan pengunaannya mengingat SIM ini sedang diuji tingkat kemampuan dan realibitiasnya. Pada saat yang sama, SIM ini sedang disosialisakan cara penggunaannya (userguide) pada unit terkait.

Learning Management System (LMS) dan Proxy Library (PL) merupakan dua system pembelajaran yang tersedia dan mulai diterapkan. Pada LMS, dosen pengampu mata kuliah dapat meng-upload materi kuliahnya dan soal-soal latihan dan ujian. Sistem pembelajaran ini pun memiliki blog yang memungkinkan dosen dan peserta kuliah melakukan komunikasi elektornik. Adapun Proxy Library lebih dimaksudkan sebagai tempat bagi para dosen untuk menyimpan dan memberikan materi rujukan perkuliahn yang terkait dengan mata kuiah yang diampunya (userguide LMS dan PL).

Untuk akses mahasiswa terhadap sumber-sumber informasi ilmiah dapat dilakukan melalui intranet http://10.0.1.7 melalui Proxy Library dan Learning Management System (LMS). Dokumen tertulis tersedia dalam bentuk user guide yang dapat di download dari ke dua sistem tersebut.

4. Bukti tertulis tentang adanya sistem informasi yang dimanfaatkan untuk komunikasi internal dan eksternal kampus serta akses bagi mahasiswa dan dosen terhadap sumber-sumber informasi ilmiah.

Ada bukti bahwa sistem informasi yang dikembangkan telah dimanfaatkan untuk komunikasi internal dan eksternal kampus serta akses bagi mahasiswa dan dosen terhadap sumber-sumber informasi ilmiah yang meliputi:

a. Website institusi

b. Fasilitas internet

c. Alamat e-mail dosen dan mahasiswa

d. jaringan lokal

e. Jaringan nirkabel

Universitas Hasanuddin memiliki website, www.unhas.ac.id. Website ini telah dan terus dikembangkan sejak tahun 1992. Website pertama berbasis DOS, sedangkan saat ini, website telah menggunakan PHP dan database MySql. Website pertama Unhas tersbeut dibuat dari komunitas dosen yang berada di luar negeri dan bekerjasama dengan komunitas dosen yang ada di Unhas. Tercatat Bapak Dedy Tykson di Amerika (mengambil S3) , Iqbal Jawwad di Jepang (S3) Rhiza S. Sadjad dan Tahir Ali di Unhas, serta Novandi Arisoni (BPPT) yang merupakan alumni fakultas tenik Unhas juga terlibat dalam pembuatan web tersebut. Adapun website sekarang merupakan pengembangan yang dilaksanakan sejalan dengan adanya berbagai hibah, mulai projek TPSDP MIS hingga Inherent. Kandungan website ini di antaranya adalah memuat berita, pengumuman, e-learning, publikasi, dan informasi lainnya yang juga terintegrasi dengan SIM Akademik.

Fasilitas internet yang tersedia saat ini terdapat pada unit jurusan, fakultas hingga pada unit pelayanan informasi tingkat univeristas. pada tingkat jurusan dan fakultas, fasilitas ini merupakan hasil dari berbagai program hibah kompetisi. Sedangkan pada tingkat univeristas yang dikelola oleh PTIK Unhas, merupakan hasil dari projek TPSDP dan belanja universitas. Fasilitas internet ini ada yang berbasis jaringan ada pula yang menggunakan wireless. Dapat dikatakan bahwa pada setiap fakultas telah tersedia hotspot yang dapat digunakan oleh sivitas akademika untuk berinternet. Fasilitas ini sangat membantu dosen dan mahasiswa melakukan komunikasi, baik secara internal maupun eksternal.

Fasilitas yang dapat dimanfaatkan untuk melaksanakan komunikasi internal dan eksternal kampus antara pimpinan struktural dengan dosen dengan dosen, dosen dengan mahasiswa dan mahaisswa dengan mahasiswa mahasisawa adalah melalui Webmail. http://www.unhas.ac.idSetiap dosen dan mahasiswa mendapat alamat email yang dibedakan berdasarkan fakultas. Dosen ekonomi Unhas mendapat email namadosenekonomi@fe.unhas.ac.id, sedangkan dosen fakultas sastra beralamat namadosenekonomi@fs.unhas.ac.id. (Lampiran alamat email pejabat structural, dosen dan mahasiswa serta administrator email).

Untuk memaksimalkan akses ke internet, unhas telah memiliki jaringan kabel dan wireless dalam bentuk hotspot (Tanya Pak Rhiza). Hotspot-hotspot tersebut ada yang dibangun dengan dana PHK, bantuan TELKOM sebanyak … buah, …… Sejak terbentuknya pengelola PTIK unhas sejak April 2007, pengendalian jaringan internet unhas dikelola oleh PTIK yang dipusatkan pada gedung SISDIKSAT unhas.

Perlu narasi sejarah pemasangan jaringan yang dilengkapi dengan gampar peta.

  1. Bukti tertulis tentang adanya kapasitas internet dengan rasio bandwidth per mahasiswa yang memadai.

>0.75 Kbps/mhs

Kapasitas jalur internet yang dimiliki Unhas sendiri saat ini (tahun 2007) sebesar 6MB (S1 reguler 5M plus Pascasarjana 1M) up and down link (dokumen pembayar bandwith atau kontrak). Jalur lain ada yang dari SOI (School of Internet) sebesar …MB, ada yang dari GDLN (Global Distance Learning) sebesar … MB. Jumlah bandwith saat ini merupakan peningkatan yang sangat besar dibandingkan dengan tahun 2006 sebesar 2M dan pada tahun 2005 dan sebelumnya hanya sebesar 256KB. Peningkatan kapasitas internet ini dilakukan mengingat kebutuhan akses sivitas akademika Unhas bertambah setiap saat. Bahkan, dalam rapat koordinasi pimpinan pertengahan tahun ini, kapasistas internet ini akan dinaikkan menjadi 10M pada tahun 2008.

Bandwith yang tersedia saat ini hanya digunakan oleh sebagian dosen dan mahasiswa (dokumen jumlah dosen dan mahasiswa yang menggunakan internet). Jumlah mahasiswa perakhir tahun 2007 adalah 20,774. Jika besaran bandwith dibagi dengan jumlah mahasiswa, maka diperoleh 0,29 Kbps/mhs.

PENGERTIAN DAN JENIS SOFTWARE KOMPUTER

Oleh: AsianBrain.com Content Team

Software Komputer

Kebanyakan masyarakat saat ini membagi komputer menjadi dua bagian . Bagian pertama adalah hardware yang merupakan perangkat fisik yang ada di dalam komputer. Dan bagian yang kedua adalah software komputer, yang memberitahukan hardware mengenai apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya. Apabila diibaratkan bahwa komputer adalah makhluk hidup, maka hardware adalah tubuhnya seperti mata untuk melihat, paru-paru untuk bernapas dan bagian tubuh lainnya, sedangkan perangkat lunak atau software diibaratkan sebagai kepintarannya, seperti memproses gambar yang dilihat mata, memerintahkan tangan untuk mengangkat objek, dan memaksa tubuh untuk menarik nafas dengan menggunakan paru-paru.

Hardware Komputer, menjadi bagian dari mesin, dan hanya mengerti dua konsep dasar yaitu menyala (on) dan mati (off), konsep on dan off tersebut dinamakan binary. Software komputer dikembangkan agar binary dapat menjadi jalan untuk memberitahukan komputer hardware dalam melakukan tugasnya. Software Komputer menterjemahkan dan mengarahkan pengguna komputer agar mengerti mengenai apa yang dapat dilakukan oleh komputer hardware.


Sebagian besar dari software komputer dibuat oleh programmer dengan menggunakan bahasa pemrograman. Programer menuliskan perintah dalam bahasa pemrograman seperti layaknya bahasa yang digunakan oleh orang pada umumnya dalam melakukan perbincangan. Perintah-perintah tersebut dinamakan “Source Code”. Program komputer lainnya dinamakan Compiler yang digunakan pada source code, dan kemudian mengubah perintah tersebut ke bahasa yang dapat dimengerti oleh komputer. Dan hasilnya dinamakan program executable (EXE).


Software komputer dibagi menjadi dua kategori utama yaitu sistem software dan software aplikasi. Sistem software menyajikan program yang dapat mengijinkan hardware berjalan dengan semestinya. Software aplikasi menyediakan program yang mengijinkan pengguna untuk melakukan sesuatu disamping menjalankan hardware.


Ada pula beberapa tipe komputer software, diantaranya :


Software Games - Jenis software ini termasuk dalam kategori entertainment atau hiburan, software ini memiliki berbagai macam jenis. Jenis-jenis tersebut seperti MMOs (Massive Multiplayer Online games), first-person shooters, action games, roleplaying games, and game petualangan.


Software Driver – Program in mengijinkan komputer untuk dapat berinteraksi dengan perangkat hardware tambahan seperti printer, scanner, dan video cards.


Software Pendidikan – berbeda dengan jenis program sebelumnya, software pendidikan ini dapat mengajarkan apapun dari komputer, melakukan aktifitas yang berhubungan seperti mengetik atau berbagai macam jenis pendidikan lainnya seperti kimia.


Media player dan pengembangan software media lainnya – Software yang dibuat untuk dapat memainkan atau mengedit media digital seperti file music atau video.


Software Produktifitas – Jenis software ini mengijinkan pengguna untuk lebih produktif baik itu dalam menjalankan bisnis atau menjalankan aktifitas produktif lainnya. Contoh dari software ini adalah software pengolah huruf (Ms Words), Software pengatur database, software presentasi dan beberapa software lainnya.


Operating sistem – software yang merupakan sumber dari software lainnya yang dapat mengijinkan software lainnya untuk berjalan. Contoh dari software operating sistem ini adalah Window Vista, Mac OS X dan Linux

Apa itu Komputer ?

Oleh: AsianBrain.com Content Team

Saat ini perkembangan dunia tidak luput akan penggunaan komputer. Dan oleh karena itu dalam thread artikel kali ini kami akan membahas mengenai apa itu Komputer ?
Komputer adalah sebuah mesin yang dapat memanipulasi data berdasarkan beberapa intruksi tertentu yang telah disediakan.


Saat ini komputer telah banyak membantu dalam perkembangan sejarah manusia, Komputer pertama kali dikembangkan pada pertengahan abad 20 (1940-1945), Pada saat itu komputer berukuran sangat besar sebesar ruangan yang mengkonsumsi banyak tenaga.

Komputer saat ini yang sudah terintegrasi dengan sistem circuit jauh lebih baik dibandingkan dengan komputer terdahulu, selain itu komputer saat ini berukuran kecil dan tidak memakan ruang yang sangat banyak, dan bahkan saat ini komputer dimungkinkan untuk digunakan sebagai sebuah arloji yang dapat diaktifkan dengan menggunakan baterai jam.Komputer dengan berbagai macam bentuk menandakan akan perkembangan dan umur informasi dan menggambarkan mengenai apa yang di bayangkan banyak orang mengenai “Apa itu Komputer”. Penggunaan sistem komputer saat ini bisa Anda temukan dari pemutar musik MP3, pada beberapa mainan anak-anak dan pada benda-benda elektronik lainnya.


Kemampuan untuk memanggil dan mengeksekusi daftar intruksi disebut program, dengan adanya program tersebut maka komputer akan memiliki fungsi yang sangat bermanfaat dan memiliki fungsi yang melebihi sebuah kalkulator. Selain itu Dengan adanya program tersebut, maka komputer dapat menjalankan tugas yang saling terhubung antara satu komputer yang satu dengan komputer yang lainnya. Dan oleh karena itulah saat ini komputer yang digunakan untuk perangkat Handphone sampai superkomputer dapat menjalankan tugas yang sama, dapat digunakan kapanpun dan tidak memakan ruang yang besar .

FUNGSI PADA BAGIAN BAGIAN KOMPUTER

Oleh: AsianBrain.com Content Team

Setiap bagian dari komputer memiliki tugas yang berbeda, layaknya seperti sebuah mobil yang memiliki tugas berbeda pada setiap bagiannya, setiap bagian bekerja untuk melakukan tugasnya masing-masing. Dengan mengetahui tugas dari setiap bagian komputer, kita akan lebih mudah untuk mengetahui dan menyelesaikan permasalahan yang muncul pada komputer.
Dan dibawah ini adalah penjelasan mengenai tugas dari setiap komponen utama komputer.


Processor / “CPU”
Prosesor dikenal dengan otak dari komputer. Tetapi pada kenyataannya pernyataan tersebut kurang begitu tepat. Processor hanyalah sebuah alat hitung yang tepat. Seperti penambahan, pengurangan, perkalian atau pembagian nomor. Ada dua bagian dalam sebuah prosesor yang melakukan perhitungan. Bagian pertama disebut unit integer, tugas dari unit integer adalah mengatasi nomor sederhana, seperti -5, 13, ½ dan lainnya dan tugas utamanya digunakan untuk aplikasi bisnis, seperti aplikasi Word, Spreadsheet dan Window Desktop. Dan bagian prosessor lainnya disebut Unit Floating Point. Tugas dari Unit ini mengatasi nomor-nomor yang cukup sulit, seperti akar, pi, “e.” dan logaritma. Bagian ini biasanya digunakan dalam proses pembuatan games 3D, menghitung posisi pixel, dan gambar.
Dalam beberapa tahun ini processor intel memiliki performa yang lebih baik dibandingkan dengan processor lainnya, tetapi lambat laun proseccor AMD Athlon telah menjadi pesaing yang ketat untuk intel.


HD
Hardisk adalah perangkat metal yang biasanya ada di dalam sebuah komputer. Alasan utama dari sebuah komputer memiliki perangkan Hardisk adalah karena Hardisk merupakan satu-satunya perangkat yang bisa menyimpan data pada saat komputer tidak dalam keadaan menyala (tentunya disamping beberapa perangkat penyimpanan external lainnya).
Random Access Memory


RAM
RAM merupakan perangkat yang cukup membingungkan dibandingkan dengan Hardisk, karena kedua-duanya merupakan tempat penyimpnan data, tetapi keduanya sangat berbeda. RAM adalah chip yang dapat menampung data, jadi hanya menampung saja tanpa menyimpan data tersebut. RAM memiliki kecepatan yang lebih dibandingkan dengan Hardisk, dan hal itulah yang membuat RAM memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan Hardisk, dan hal itu pulalah yang menyebabkan mengapa RAM tidak digunakan sebagai tempat penyimpanan dana utama, RAM digunakan sebagai penghubung antara Hard Drive dan processor. Jika Processor membutuhkan data dari Hardisk, maka chipset akan mengambil data dari Hardisk dan kemudian menyimpannya pada RAM atau memori, dan kemudian processor akan dapat mengambil data tersebut dengan cepat.

Jika komputer berjalan di luar ruang RAM, hal tersebut akan menimbulkan yang namanya “Virtual RAM”. Virtual RAM adalah sebutan untuk ekstensi RAM yang ada pada sebuah hardisk. Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa Hardisk memiliki kecepatan yang lebih rendah dibandingkan dengan RAM, sehingga apabila komputer mendapatkan data langsung dari hardisk, maka komputer akan berjalan dengan begitu lambat.


Cache/ "L1,and L2"
Cache adalah RAM dengan kecepatan tinggi. Cache menyimpan data umum dan intruksi dari processor sehingga Cache tidak perlu melalui RAM dalam proses pengiriman data. Dan itulah penyebab mengapa modem pada komputer saat ini dapat berjalan dengan sangat cepat. Tanpa Cache, akan banyak processor yang memiliki keterbatasan dalam proses pengiriman data berdasarkan kecepatan RAM, dan lebih buruknya lagi komputer dapat berjalan dengan sangat lambat. Cache dibagi menjadi dua bagian level. Level pertama adalah L1 yang memiliki ukuran dari 32 KB hingga 128 KB. Cache terbagi pada bagian tengah, di dalam CPU Core, disamping integer dan pada bagian Unit Floating Point, setengah bagian menyimpan data, dan setengah bagian lainnya menyimpan intruksi yang digunakan processor untuk membawa data. Level kedua cari chache disebut L2, ini digunakan hanya untuk data. Beberapa L2 cache berada di dalam motherboard dan ada pula yang berada di dalam bagian CPU. Cache Level 2 saat ini berada di dalam CPU, bersamaan dengan Cache Level 1.


The Chipset
Chipset adalah bagian terpenting dari komputer. Chipset dapat mengatur komunikasi antara komponen. Chipset dibagi menjadi dua bagian. Chip pertama disebut “Nort Bridge” yang dapat mengatur komunikasi antara AGP, RAM, Processor, dan “South Bridge” pada chipset. Dan bagian chip yang kedua adalah “South Bridge” yang dapat mengatur semua inputan dan output pada komputer, termasuk PCI dan ISA bus. Processor, Memori (RAM), Cache, dan Chipset bekerja bersama untuk mengaktifkan fungsi komputer.

PENGERTIAN DAN JENIS MEMORI

Oleh: AsianBrain.com Content Team

Saat ini istilah memori digunakan untuk menggambarkan ruang penyimpanan data yang datang ke dalam chip komputer, dan kata penyimpanan itu sendiri digunakan untuk menggambarkan memori yang ada di dalam disk. Selain itu, terkadang istilah memori biasanya digunakan pula sebagai perangkat memori external atau perangkat memori yang bisa dibawa kemana-mana. Beberapa komputer saat ini juga menggunakan memori virtual, yang memiliki daya yang besar pada sebuah hardisk.


Setiap komputer saat ini telah dilengkapi dengan memori, dan biasanya memori tersebut dinamakan memori utama atau disebut dengan RAM. Di dalam sebuah komputer memori utama ditempatkan dalam bentuk deretan kotak metal.


Setiap Komputer dapat menampung informasi dalam bentuk byte. Komputer yang telah memiliki 1 megabyte memori dapat menampung lebih dari satu juga bytes informasi atau character.


Ada beberapa tipe memori , dan dibawah ini adalah type dan penjelasannya


#RAM (random Access memory): Memori ini adalah memori utama. Istilah dari RAM ini digunakan untuk memori yang berfungsi untuk membaca dan menuliskan data. Dengan fungsi tersebut maka Anda bisa menjalankan dua aktifitas sekaligus, yaitu menulis dari RAM dan membaca data dari RAM. Hal ini sangat berbeda dengan ROM, yang hanya mengijinkan Anda untuk dapat membaca data. Kebanyakan data memiliki tingkat ke stabilan yang kurang dan hal tersebut menandakan bahwa tenaga listrik yang masuklah yang mengatur jalannya konten pada RAM. Dan apabila sewaktu-waktu tenaga listrik terputus, maka secara otomatis data pada RAM akan hilang.


# ROM (read-only memory): Hampir sejumlah besar computer memiliki ROM atau Read Only Memory yang memegang intruksi untuk menyalakan sebuah computer. Tidak seperti RAM, ROM tidak dapat digunakan untuk menulis Data.


# PROM (programmable read-only memory): A PROM adalah chip memori yang dapat menyimpan program. Tetapi sekali PROM digu0nakan, kita tidak akan dapat membersihkan dan menyimpan kembali data lainnya.


# EPROM (erasable programmable read-only memory): EPROM adalah jenis khusus dari memori PROM, dimana EPROM ini dapat dihapus dengan menggunakan cahaya ultraviolet.


# EEPROM (electrically erasable programmable read-only memory)
: EEPROM merupakan type khusus dari PROM, dimana EEPROM ini dapat dihapus dengan menggunakan adanya tegangan listrik.

FUNGSI PADA BAGIAN BAGIAN KOMPUTER

Oleh: AsianBrain.com Content Team

Setiap bagian dari komputer memiliki tugas yang berbeda, layaknya seperti sebuah mobil yang memiliki tugas berbeda pada setiap bagiannya, setiap bagian bekerja untuk melakukan tugasnya masing-masing. Dengan mengetahui tugas dari setiap bagian komputer, kita akan lebih mudah untuk mengetahui dan menyelesaikan permasalahan yang muncul pada komputer.
Dan dibawahi ni adalah penjelasan mengenai tugas dari setiap komponen utama komputer.
Processor


“CPU”
Prosesor dikenal dengan otak dari komputer. Tetapi pada kenyataannya pernyataan tersebut kurang begitu tepat. Processor hanyalah sebuah alat hitung yang tepat. Seperti penambahan, pengurangan, perkalian atau pembagian nomor. Ada dua bagian dalam sebuah prosesor yang melakukan perhitungan. Bagian pertama disebut unit integer, tugas dari unit integer adalah mengatasi nomor sederhana, seperti -5, 13, ½ dan lainnya dan tugas utamanya digunakan untuk aplikasi bisnis, seperti aplikasi Word, Spreadsheet dan Window Desktop. Dan bagian prosessor lainnya disebut Unit Floating Point. Tugas dari Unit ini mengatasi nomor-nomor yang cukup sulit, seperti akar, pi, “e.” dan logaritma. Bagian ini biasanya digunakan dalam proses pembuatan games 3D, menghitung posisi pixel, dan gambar.
Dalam beberapa tahun ini processor intel memiliki performa yang lebih baik dibandingkan dengan processor lainnya, tetapi lambat laun proseccor AMD Athlon telah menjadi pesaing yang ketat untuk intel.


HD
Hardisk adalah perangkat metal yang biasanya ada di dalam sebuah komputer. Alasan utama dari sebuah komputer memiliki perangkan Hardisk adalah karena Hardisk merupakan satu-satunya perangkat yang bisa menyimpan data pada saat komputer tidak dalam keadaan menyala (tentunya disamping beberapa perangkat penyimpanan external lainnya).
Random Access Memory


RAM
RAM merupakan perangkat yang cukup membingungkan dibandingkan dengan Hardisk, karena kedua-duanya merupakan tempat penyimpnan data, tetapi keduanya sangat berbeda. RAM adalah chip yang dapat menampung data, jadi hanya menampung saja tanpa menyimpan data tersebut. RAM memiliki kecepatan yang lebih dibandingkan dengan Hardisk, dan hal itulah yang membuat RAM memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan Hardisk, dan hal itu pulalah yang menyebabkan mengapa RAM tidak digunakan sebagai tempat penyimpanan dana utama, RAM digunakan sebagai penghubung antara Hard Drive dan processor. Jika Processor membutuhkan data dari Hardisk, maka chipset akan mengambil data dari Hardisk dan kemudian menyimpannya pada RAM atau memori, dan kemudian processor akan dapat mengambil data tersebut dengan cepat.

Jika komputer berjalan di luar ruang RAM, hal tersebut akan menimbulkan yang namanya “Virtual RAM”. Virtual RAM adalah sebutan untuk ekstensi RAM yang ada pada sebuah hardisk. Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa Hardisk memiliki kecepatan yang lebih rendah dibandingkan dengan RAM, sehingga apabila komputer mendapatkan data langsung dari hardisk, maka komputer akan berjalan dengan begitu lambat.

Cache
"L1,and L2"
Cache adalah RAM dengan kecepatan tinggi. Cache menyimpan data umum dan intruksi dari processor sehingga Cache tidak perlu melalui RAM dalam proses pengiriman data. Dan itulah penyebab mengapa modem pada komputer saat ini dapat berjalan dengan sangat cepat. Tanpa Cache, akan banyak processor yang memiliki keterbatasan dalam proses pengiriman data berdasarkan kecepatan RAM, dan lebih buruknya lagi komputer dapat berjalan dengan sangat lambat. Cache dibagi menjadi dua bagian level. Level pertama adalah L1 yang memiliki ukuran dari 32 KB hingga 128 KB. Cache terbagi pada bagian tengah, di dalam CPU Core, disamping integer dan pada bagian Unit Floating Point, setengah bagian menyimpan data, dan setengah bagian lainnya menyimpan intruksi yang digunakan processor untuk membawa data. Level kedua cari chache disebut L2, ini digunakan hanya untuk data. Beberapa L2 cache berada di dalam motherboard dan ada pula yang berada di dalam bagian CPU. Cache Level 2 saat ini berada di dalam CPU, bersamaan dengan Cache Level 1.


The Chipset
Chipset adalah bagian terpenting dari komputer. Chipset dapat mengatur komunikasi antara komponen. Chipset dibagi menjadi dua bagian. Chip pertama disebut “Nort Bridge” yang dapat mengatur komunikasi antara AGP, RAM, Processor, dan “South Bridge” pada chipset. Dan bagian chip yang kedua adalah “South Bridge” yang dapat mengatur semua inputan dan output pada komputer, termasuk PCI dan ISA bus. Processor, Memori (RAM), Cache, dan Chipset bekerja bersama untuk mengaktifkan fungsi komputer.

SEJARAH KOMPUTER

Oleh: AsianBrain.com Content Team

Sejarah Perkembangan Komputer secara umum terbagi menjadi 2 bagian :

1. Sebelum tahun 1940

2. Sesudah tahun 1940


Sebelum tahun 1940

Sejarah komputer dimulai pada saat manusia melakukan proses perhitungan dalam kehidupan. Dimulai secara manual dengan menggunakan jari jemari, dan kemudian tercipta sebuah alat abakus yang dapat digunakan untuk melakukan perhitungan. Setelah itu pada tahun 1617, John Napier mengemukakan logaritma, dan alat tersebut diberi nama tulang Napier. Tulang Napier dapat digunakan untuk melakukan berbagai macam perhitungan angka-angka. Dan setelah itu pada tahun 1642 Bliase Pascal menciptakan mesin hitung mekanikal pertama yang dapat beroperasi dengan cara menggerakan gear pada roda yang kemudian dikembangkan oleh William Leibnitz. Pada tahun 1816 Charles Babbage membangun sebuah mesin lain yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah perhitungan matematika seperti logaritma secara mekanikal dengan tepat sampai dengan dua puluh digit.

Mesin itu juga telah dilengkapi dengan fasilitas “kartu/card” sebagai input, untuk menyimpan “file-file” data, melakukan perhitungan secara otomatis dan mengeluarkan outpun dalam bentuk cetakan pada kertas. Fasilitas “Card” tersebut pertama kali digunakan sebagai sebuah alat input dalam pengembangan industri tekstil pada mesin tenun otomatis yang diciptakan oleh Joseph Jecquard pada tahun 1801. Dan setelah itu penggunaan “card” di populerkan oleh Herman Hoolerith sebagai sebuah alat input data yang telah banyak digunakan oleh penduduk Amerika pada tahun 1887. Dengan menggunakan “card” maka masalah fungsi-fungsi trigonometri dapat diselesaikan dengan mudah.


Perkembangan Komputer Setelah tahun 1940


KOMPUTER GENERASI PERTAMA (1940 - 1959)


* ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator)

Pada Tahun 1946 Dr John Mauchly dan Presper Eckert menciptakan computer dengan nama ENIAC, ENIAC terdiri dari 70.000 resistor, 5 juta titik soldier dan 18.000 tabung hampa udara, computer tersebut memiliki ukuran yang sangat besar dan mengkonsumsi daya sebesar 160.000 Watt, pada jamannya computer ENIAC merupakan computer serbaguna atau general purpose computer yang dapat bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkand engan computer Mark I.


* EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)

Memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal.

Pada tahun 1945 Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) dengan sebuah memori yang dapat digunakan untuk menampung baik itu program ataupun data. Penggunaan tabung-tabung vakumpun telah dikurangi di dalam EDVAC, dan untuk proses perhitungan dapat dilakukan dengan lebih cepat dibandingkan dengan ENIAC. Dengan menggunakan teknik ini komputer dimungkinkan untuk dapat berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan kembali pekerjaannya. Kunci utamanya adalah arsitektur von.

Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi dari komputer untuk dapat dikoordinasikan menjadi satu sumber tunggal.


* EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator)

Komputer EDSAC memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tube untuk dapat menyimpan memori.


* UNIVAC I (Universal Automatic Calculator)

Dr Mauchly dan Eckert menciptakan UNIVACI pada tahun 1951, Komputer ini merupakan jenis komputer yang dapat digunakan untuk memproses data perniagaan dan merupakan komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann. Komputer UNIVAC ini pernah dimiliki oleh Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric. UNIVAC pernah menghasilkan sesuatu yang mengesankan yaitu dengan keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden di tahun 1952.


Salah satu karakteristik dari Komputer Generasi pertama adalah intruksi operasi yang dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Dalam setiap komputer terdapat program yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan adanya batasan pada kecepatan. Salah satu ciri yang sangat menonjol dari komputer generasi pertama adalah penggunaan tabung hampa udara yang membuat bentuk komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar, selain itu juga penggunaan silinder magnetik dalam proses penyimpanan data.

PENGERTIAN, FUNGSI DAN JENIS SISTEM OPERASI

Oleh: AsianBrain.com Content Team

Setiap Komputer pasti memiliki yang namanya Sistem Operasi, dimana sistem operasi tersebut bekerja untuk melakukan tugas, seperti mengirimkan inputan yang masuk melalui keyboard, mengirimkan output tampilan ke layar monitor, menjaga file dan direktori agar tetap terjaga pada tempat penyimpanannya, dan tentunya mengontrol perangkat tambahan lainnya seperti disk drive, printers dan perangkat lainnya.


Untuk sebuah sistem yang besar, operating sistem memiliki tugas dan fungsi yang lebih besar, layaknya seorang penjaga lalu lintas, dimana operating sistem bertugas untuk mengatur program aplikasi berbeda yang berjalan dalam jangka waktu yang sama tanpa boleh saling bertabrakan atau crash satu dengan yang lainnya. Sistem operasi juga memiliki tanggung jawab terhadap keamanan, memastikan bahwa pengguna yang tidak dikenali tidak dapat mengakses sistem komputer.

Sistem Operasi dapat dikelompokan menjadi beberapa bagian seperti dibawah ini :

# multi-user : Mengijinkan dua atau lebih pengguna untuk menjalankan program dalam jangka waktu yang bersamaan. Dan bahkan Beberapa operating system mengijinkan ratusan atau bahkan ribuan pengguna untuk menjalankan program pada operating sistem tersebut dalam jangka waktu yang bersamaan.


# multiprocessing : Mendukung berjalannya program di lebih dari satu CPU.


# multitasking : Mengijinkan lebih dari satu program untuk berjalan secara bersamaan.


# multithreading : Mengijinkan bagian berbeda dari sebuah program untuk berjalan secara bersamaan.


# real time : Merespon inputan secara cepat. Beberapa operating sysem umum seperti DOS, dan UNIX.

Sistem Operasi menyediakan sebuah program dasar yang akan dijalankan pertama kali dari program-program lainnya. Dan program tersebut dinamakan program aplikasi. Aplikasi program harus tercatat agar bisa berjalan dalam sebuah operating system. Dan oleh karena itu pilihlah program aplikasi yang tepat untuk dijalankan pada sistem operasi yang Anda miliki. Saat ini sudah terdapat beberapa operating sistem yang dapat digunakan pada sebuah PC seperti DOS, OS/2, Window, Linux dan beberapa sistem operasi lainnya.

Kita sebagai seorang pengguna komputer nantinya akan berinteraksi dengan beberapa perintah yang disediakan pada sistem operasi, contohnya adalah perintah Copy dan Rename dimana perintah tersebut dapat digunakan untuk melakukan duplikasi dan merubah nama file. Perintah-perintah tersebut diterima dan di jalankan oleh bagian dari sistem operasi yang dinamakan “command processor” atau “command line interpreter”. Dengan adanya sistem “Graphical user interfaces” maka kita akan lebih mudah untuk melakukan perintah tersebut dengan hanya mengarahkan kursor dan melakukan klik pada objek yang muncul di layar monitor.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar